Selasa, 12 April 2011
Apakah mustahil bahwa semua agama di dunia sebenarnya menyembah Tuhan
yang sama? Perbedaannya bukan pada Tuhan-nya, tetapi pada konsep
tentang Tuhan itu sendiri. Konsep Tuhan menurut Kristen berbeda dengan
konsep Tuhan menurut Islam, atau konsep Tuhan menurut Hindu. Mungkin
salah satu dari konsep itu keliru atau kurang tepat. Tetapi itu tidak
menutup kemungkinan bahwa sebenarnya orang Kristen, orang Islam, atau
orang Hindu menyembah Tuhan yang sama! 
Saya kira saya nggak pernah punya pendapat bahwa semua agama itu sama
saja, atau semua agama itu sama benarnya. Saya akan mengatakan dua hal:
1. Semua agama mengandung kebenaran. Apakah anda tidak setuju,
misalnya, dengan ajaran Buddha yang mengatakan bahwa kita harus
berbelaskasih kepada semua makhluk dan mengusahakan kebahagiaan semua
makhluk, seperti terungkap dalam ucapan seorang Buddhist: "Semoga semua
makhluk berbahagia". Agama Buddha adalah salah satu contoh agama yang
tidak pernah mengatakan bahwa penganut agama lain akan masuk neraka!
2. Apabila saya memeluk suatu agama yang ajarannya keliru total, apakah
masih tertutup kemungkinan bagi Tuhan untuk berbelas kasih pada saya
dan memasukkan saya ke surga asalkan saya berkehendak baik dan berbudi
luhur? Bukankah ini menunjukkan sikap Tuhan yang Maha Pengasih dan
Penyayang? 

4 komentar:

  1. it's me mengatakan...:

    nis....jangan curhat gt ah....ada yang tersinggung tau??????haghaghagahag

  1. bagus bgd..
    mskipun qt beda agama, tp qt hrus tetep bersahabat..
    :)

  1. Samurai mengatakan...:

    wow.. bagus sekali.. alamak..

  1. lucu-lucuan mengatakan...:

    yayayay,, semua orang punya pendapat masing". semua orang boleh bicara, asalkan tidak memaksakan kehendak sehingga tidak mengakibatkan perpecahan bangsa indonesia ataupun memancing kerusuhan.. heeemmm

Posting Komentar